Kamis, 15 Agustus 2013

Pengobatan sederhana untuk meringankan gejala wasir

Gejala wasir seringkali mengganggu bahkan dapat sangat menyiksa. Duduk tidak enak, bahkan terkadang saat berjalan pun terasa sakit. Nah, untuk meringankan gejala wasir, Anda bisa melakukan pengobatan sederhana ini. Berikut ini pengobatan sederhana untuk meringankan gejala wasir.

1. Jus Lobak

Segelas jus lobak adalah obat alami untuk wasir. Mulailah dengan seperempat gelas jus lobak, kemudian secara bertahap meningkat menjadi setengah gelas.

2. Kulit Delima

Kulit buah berwarna merah ini dikenal sebagai obat rumahan untuk meringankan gejala wasir. Caranya, rebus kulit buah delima, lalu saringlah. Minum air rebusan itu sekali atau dua kali sehari secara teratur.

3. Jahe dan Jus Jeruk Nipis

Dehidrasi merupakan salah satu penyebab wasir. Untuk mengurangi gejala wasir, Anda bisa mencoba jus jeruk nipis, jahe, dan madu. Minumlah minuman ini dua kali sehari agar tetap terhidrasi dan untuk mengobati wasir.

4. Buah Ara

Rendam buah ara kering dalam air semalaman. Lalu minumlah setengah gelas pada pagi harinya dan habiskan sisanya pada malam hari. Serat dalam buah ara atau buah tin ini efektif mengatasi sembelit dan wasir karena mampu meningkatkan gerakan usus.

5. Bawang Merah Mentah

Makanlah bawang merah mentah untuk mengatasi gejala wasir. Bawang merah mentah bisa menghentikan pendarahan akibat wasir dan mengurangi perih di anus. Selain itu bawang merah juga bisa mengatasi sembelit.

6. Posisi Tubuh Saat di Toilet

Pastikan Anda duduk dengan posisi yang benar saat sedang buang air besar di toilet. Jika Anda duduk di posisi yang tepat, maka tidak perlu regangan atau banyak tekanan. Letakkan kaki Anda di tempat yang seharusnya, lalu bungkukkan tubuh Anda ke depan untuk mengurangi tekanan pada rektum.

7. Olahraga

Untuk menghindari sembelit yang bisa memicu wasir dan agar peredaran darah di tubuh lancar, maka berolahragalah secara teratur. Wasir akan menjadi parah jika Anda melakukan olahraga berat seperti mengangkat beban. Karena itu lebih baik Anda melakukan olahraga yang ringan seperti berenang atau berjalan.

8. Kunyit

Rempah-rempah yang satu ini diyakini bisa menyembuhkan aneka penyakit. Rebuslah kunyit dan konsumsilah setiap hari untuk menyembuhkan wasir secara alami.

9. Pisang

Pisang dapat mengobati sembelit. Agar Anda dapat mengelurakan tinja dengan mudah tanpa mengejan terlalu kuat yang bisa memicu wasir, konsumsilah pisang setiap hari dengan susu kedelai hangat.

10. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hitam, dan miju-miju (sejenis tanaman kacang polong) adalah makanan sehat yang efektif menyembuhkan wasir secara alami.









Hub : 
0877 367 14 8 14
081 326 823 567
082135 66 55 88

Related Posts

Pengobatan sederhana untuk meringankan gejala wasir
4/ 5
Oleh